7 Nutrisi dalam Makanan untuk Kecantikan Kulit Wajah
22542
post-template-default,single,single-post,postid-22542,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive
7 nutrisi dalam makanan untuk kecantikan kulit wajah

7 Nutrisi dalam Makanan untuk Kecantikan Kulit Wajah

Agar kulit wajah terlihat bersinar, terasa halus dan kencang, diperlukan nutrisi kecantikan wajah terbaik yang membentuk fondasi kulit sehat dan membantu menjaga keseluruhan kulit wajah tampak bercahaya dan indah setiap hari.

Nutrisi untuk Kecantikan Wajah

Sebelum Anda mencari tahu jenis makanan apa saja untuk masalah kecantikan wajah tertentu, berikut informasi mendasar mengenai nutrisi untuk kulit wajah seimbang dan sehat. Berikut beberapa unsur yang sangat diperlukan:

  1. Antioksidan

Senyawa ini banyak ditemukan pada tanaman dan memainkan peran penting dalam melindungi tubuh terhadap ‘radikal bebas’ – yaitu bahan kimia yang dihasilkan dari racun lingkungan dan dikarenakan diet tidak stabil yang mengakibatkan efek penuaan pada wajah seperti garis halus dan keriput, serta membuat kulit kusam.

Antioksidan melindungi Kolagen dan Elastin, yaitu protein vital lyang menjaga elastisitas wajah kita dan meningkatkan sirkulasi ke pembuluh darah kecil pada permukaan kulit, dan meningkatkan kecerahan kulit sehingga terlihat lebih putih. Unsur utama antioksidan seperti karoten, vitamin C dan E, flavonoid dan resveratrol, banyak ditemukan dalam buah dan sayuran. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi tersebut terpenuhi, Anda perlu makan berbagai jenis sayuran hijau dan buah segar seperti wortel, bayam, buah naga, bit, anggur, dll.

  1. Vitamin C

Vitamin yang penting ini banyak ditemukan dalam banyak buah segar dan sayuran dan sangat berguna dalam meningkatkan produksi kolagen, membantu pertumbuhan sel darah, mempercepat perbaikan kulit, serta mengencangkan wajah.

Selain dapat mengurangi dampak berbahaya dari radikal bebas, penelitian juga menunjukkan bahwa Antioksidan dan Vitamin C dapat melindungi dari efek bahaya UVB, sinar pendek matahari. Tubuh kita tidak dapat menyimpan vitamin C sehingga sangat penting untuk memasukkannya ke dalam makanan kita setiap hari.

  1. Asam Lemak Esensial – Omega

Kulit wajah yang sehat membutuhkan unsur lemak sehat, khususnya lemak tak jenuh ganda yang disebut asam lemak esensial, dimana kedua unsur yang utama adalah Omega-3 dan Omega-6. Lemak sehat ini mendukung sel selaput dan membantu mempertahankan produksi minyak alami kulit, sangat penting dalam menjaga hidrasi (kelembaban) wajah dan kehalusan.

Tubuh Anda tidak dapat memproduksi Omega-3 dan Omega-6, jadi Anda perlu mendapatkannya melalui suplemen dan makanan. Omega-6 ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian sereal dan minyak sayuran, yang membantu fungsi sel dan menekan efek inflamasi. Sedangkan Omega-3 ditemukan dalam ikan, telur, kacang-kacangan, chia seed, dan biji rami. Banyak dari kita makan terlalu banyak Omega-6 dari daging dan sereal dan kurang konsumsi Omega-3. Jadi cobalah mulai dari sekarang untuk membalikkan keseimbangan ini untuk mengoptimalkan kesehatan.

” 15% dari diet Anda seharusnya didasarkan pada Protein “

  1. Protein

Kulit kita sebagian besar terbentuk dari protein. Kekurangan protein sehat dapat menyebabkan kulit kusam dan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan wajah kendur. Protein diperoleh melalui makanan yang Anda konsumsi setiap hari, karena itu seharusnya 15% dari diet kita berdasarkan protein. Sumber dari protein sehat berasal dari: biji-bijian, tahu, telur, quinoa, ganggang, bayam, kacang-kacangan, ikan, daging rendah lemak dan susu.

  1. Hyaluronic Acid (HA)

Berupa gel, merupakan molekul penahan air yang membantu sel kulit untuk mempertahankan kelembaban wajah dan juga memfasilitasi masuknya nutrisi ke dalam kulit dan pembuangan limbah keluar. Studi menunjukkan bahwa Hyaluronic Acid (HA) dan Antioksidan dapat meningkatkan hidrasi kulit, merangsang produksi kolagen dan memperbaiki elastisitas kulit. Tubuh memproduksi HA dari sayuran tertentu, kedelai dan kentang, jadi tingkatkan konsumsi tahu, miso dan ubi.

  1. Belerang

Mineral ini merupakan salah satu bahan terpenting untuk memproduksi sel-sel kulit baru yang sehat. Dengan bantuan vitamin C dan nutrisi dapat membangun dan memelihara dinding sel yang lentur dan permanen. Juga memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membersihkan noda dalam hal ini dapat mengurangi penampilan bekas jerawat dan masalah pigmentasi seperti bintik-bintik seiring usia dan kerusakan akibat sinar matahari. Belerang terdapat berlimpah dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung, brokoli, bayam dan sayur Arugula.

  1. Hidrasi

Tetap menjaga hidrasi adalah hal penting untuk kesahatan kulit dan wajah Anda. Kulit wajah yang kering (dehidrasi) terasa kencang, bersisik dan kasar. Setiap hari disarankan minum hinggal 2 – 3 liter atau dapat dibantu dengan suplemen maupun makan makanan berkadar air tinggi seperti mentimun, semangka dan seledri.

 

Apa yang Mempengaruhi Kulit Wajah Kita?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan kulit wajah, diantaranya: apa yang kita makan, warisan genetik, gaya hidup, lingkungan dan stres.

* Keturunan dan penuaan

Kecenderungan kulit wajah berminyak kering atau kombinasi merupakan keadaan genetika yang diturunkan dari orangtua. Meskipun Anda tidak dapat mengubah jenis kulit, Anda dapat menyesuaikan dengan diet dan asupan makanan. Contoh, sayuran mentah dan buah dapat membantu menyeimbangkan kulit wajah berminyak, sementara untuk mengatasi kulit wajah kering atau sensitif dapat mengkonsumsi lebih banyak Omega-3.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah dapat kehilangan kelembaban. Untuk mengatasinya sering minum air putih, makan protein berkualitas tinggi dan yang kaya vitamin C untuk menjaga kadar kolagen agar kulit wajah tetap kenyal.

* Diet dan Gaya Hidup

Diet yang buruk dibarengi gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak merokok, minum alkohol dan konsumsi makanan cepat saji tinggu gula dan lemak akan merusak kolagen dalam jangka pendek. Makanlah makanan segar agar tubuh dapat maksimal menyerap nutrisi dan jika mungkin pilihlah buah dan sayuran organik untuk menghindari racum dari pestisida.

Beberapa contoh diet antara lain:

– Perbanyak penggunaan minyak zaitun atau minyak kelapa berkualitas baik untuk memasak.

– Mengurangi asupan gula putih yang miskin nutrisi.

– Mengganti garam biasa dengan garam laut Himalaya merah muda yang kaya akan mineral.

– Mengurangi teh hitam dan kopi, ganti dengan teh herbal atau minuman lemon.

– Hindari minuman bersoda yang menghalangi penyerapan nutrisi dan alkohol yang dapat mengakibatkan dehidrasi kulit dan menjadikan wajah kemerahan serta lebih mudah iritasi.

– Hindari merokok karena dapat mempercepat proses penuaan.

* Stress

Tanda-tanda stres dapat dengan mudah terlihat pada wajah, seperti lingkaran gelap di bawah mata, garis kerut di dahi atau sekitar mulut, terkadang dapat sampai mengakibatkan eksim. Kita memang tidak dapat menghindari stres, tapi kita dapat meminimalkan efeknya dengan makan lemak sehat dari sumber seperi: ikan, sayuran dan buah segar.

* Polusi Lingkungan

Cuaca musim dingin, musim panas dan berjemur berlebihan dapat berdampak negatif pada kulit wajah. Racun di udara yang berasal dari asap knalpot dan bahan kimia lainnya dapat menghambat kemampuan kulit untuk memperbaiki sel. Kurangnya kelembaban di tempat yang dingin atau terlalu panas juga dapat membuat wajah kering dan terlalu banyak matahari merusak lapisan kulit.

Untuk itu perlu untuk mengkonsumsi Antioksidan dari makanan atau suplemen dan Asam Lemak Omega untuk menjaga kulit wajah yang sehat dan cerah.

” 35% kalori Anda bisa datang dari esensial sehat Asam Lemak Omega “

 

Makanan Seusai Umur Anda 

Merupakan fakta bahwa setiap orang tidak dapat menghindari penuaan, namun tidak berarti kita tidak bisa menjaga agar wajah tetap terlihat segar dan memperlambat timbulnya keriput dengan bantuan dari makanan. Selama beberapa dekade, kulit secara bertahap akan kehilangan elastisitas dan kelembaban, yaitu di usia 30 tahun keatas. Karena itu penting pada usia tersebut untuk makan makanan atau suplemen yang mendukung produksi kolagen. Dengan asupan Antioksidan, Omega, Hyaluronic Acid, Multivitamin, Nutrisi dan Mineral yang baik, Anda dapat mempertahankan kesehatan kulit wajah dan kecantikan masa muda.


* Di Usia 20 tahun

Tingkat aktivitas sangat tinggi dan dengan kehidupan sosial yang sibut dapat berarti Anda kurang memperhatikan diet dan asupan makanan, sehingga sangat mungkin terpapar radikal bebas dan limbah yang tinggi yang dapat mempercepat penuaan dini pada wajah. Sampai akhir 20-an masih banyak pula anak muda yang bermasalah dengan jerawat dan masalah kulit lainnya seperti gatal / eksim. Banyak wanita muda kekurangan zat besi, menyebabkan wajah pucat kusam dan lingkaran gelap di bawah mata.

Usulan Makanan di usia 20 tahun:

– Buah dan sayuran yang kaya antioksidan, terutama mengandung vitamin C yang tinggi seperti kangkung, kiwi dan paprika.

– Makanlah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memastikan pasokan zat besi yang cukup.

 

* Di Usia 30 tahun

Mulai muncul tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kerut, penurunan elastisitas atau produksi sebum melambat. Noda hitam di wajah mulai timbul, pori-pori membesar dan pigmen kulit berubah. Hal ini bisa disebabkan juga dari perubahan hormon pada saat kehamilan. Pada fase ini kulit membutuhkan banyak asupan nutrisi yang dapat menjadi pondasi dasar kulit wajah sehat untuk jangka panjang.

Usulan Makanan di usia 30 tahun:

– Makanan berwarna cerah dan padat nutrisi seperrti: tomat, wortel dan brokoli yang mengandung karoten tinggi yang dapat melindungi wajah dari radikal bebas dan melawan penuaan.

– Tingkatkan produksi kolagen dengan makanan protein sehat dari ikan atau minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan daging tanpa lemak.

 

* Di Usia 40 tahun

Garis kerut di sekitar mulut mulai menjadi lebih terlihat dan wajah kehilangan kelembaban ditambah penurunan produksi sebum yang berlanjut. Kulit secara keseluruhan terlihat kering dan lebih tipis, warna kulit tidak rata.

Usulan Makanan di usia 40 tahun:

– Perbanyak asupan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, buah kelapa, biji rami, rami, ikan segar yang mengandung omega seperti salmon dan ikan kembung.

– Vitamin B juga penting untuk mencegah kulit kering. Dapatkan vitamin B dari biji-bijian seperti beras merah, seral gandum dan roti dari gandum utuh.

– Vitamin B12 yang Anda butuhkan juga terdapat pada ikan, unggas, daging tanpa lemak atau minum suplemen jika Anda vegetarian.

 

* Di Usia 50 tahun

Kandungan elastisitas dan kolagen bisa turun ke tingkat tidak sehat dan pada fase ini adalah dimana kita harus bekerja paling keras untuk memastikan diet mengandung nutrisi optimal agar dapat mempertahankan protein di tingkat yang sehat. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan dan rosacea.

Usulan Makanan di usia 50 tahun:

– Asam lemak esensial untuk menjaga wajah tetap kenyal dari minyak zaitun, kelapa, alpukat dan ikan yang berminyak. Sertakan protein sehat dari kacang-kacangan, telur, ikan dan daging tanpa lemak.

– Perbanyak makanan berwarna merah seperti beri dan tomat yang mengandung likopen untuk meningkatkan kolagen dan konsumsi kedelai organik untuk menyeimbangkan hormon.

 

* Di Usia 60 tahun ke atas

Tingkat kolagen dan kemampuan tubuh untuk memproduksinya semakin menurun drastis, karena itu lebih penting untuk mendapatkan banyak Antioksidan dari makanan. Produksi Hyaluronic Acid (HA) juga semakin menurun, yang mana elemen ini sangat penting untuk menjaga kelembaban, kekenyalan serta mencegah kekeringan dan kerutan.

Usulan Makanan di usia 60 tahun keatas:

– Protein dan minyak sehat dari ikan, kelapa, minyak zaitun dan perbanyak buah sayuran yang kaya antioksidan, terutama sayuran hijau dan tanaman merambat.

– Sertakan makanan yang mengandung Hyaluronic Acid (HA) tinggi misal produk kedelai dan kentang.

 

JENIS dan PERMASALAHAN KULIT WAJAH

* Kulit kombinasi

* Kulit berminyak

* Kulit kering dan bersisik

* Kulit dewasa

* Penuaan dini

* Leher dan bawah leher

* Garis-garis halus

* Kulit kusam

* Kulit sensitif

* Jerawat

* Rosacea

* Pigmentasi tidak merata

* Mata lelah dan sayu

* Kantung mata dan lingkaran hitam

No Comments

Post a Comment
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Ikuti Social Media Kami Juga

Facebook
Facebook