20 Jenis Buah yang Bermanfaat Mencegah dan Mengobati Penyakit
Inilah jenis-jenis buah yang bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit dan bahkan bisa mengobati penyakit.
20 Jenis Buah yang Bermanfaat Mencegah dan Mengobati Penyakit
22341
post-template-default,single,single-post,postid-22341,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.7,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive
20 jenis buah yang bermanfaat mencegah dan mengobati penyakit

20 Jenis Buah yang Bermanfaat Mencegah dan Mengobati Penyakit

Bersyukurlah kita yang hidup di alam tropis sehingga dapat mengakses berbagai macam jenis buah-buahan dan menerima manfaatnya. Karena itu sangat penting untuk mengkonsumsi buah setidaknya satu jenis setiap hari untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit dan menjauhkan kita dari dokter.

20 jenis buah yang bermanfaat Mencegah dan Mengobati Penyakit di artikel ini adalah buah yang banyak ditemukan disekitar kita dan bervariasi harganya. Buah dapat langsung dimakan atau dijadikan minuman, jus, sebagai bagian dari masakan atau bahan obat tradisional. Artikel ini diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi manfaat dari masing-masing buah sehingga konsumsinya dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan yang ada.

1. APEL

manfaat buah apel

APEL HIJAU
Seperti buah apel lainnya, apel hijau mengandung asam malat yang bermanfaat untuk pencernaan.
APEL MERAH
Kaya akan antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan neurologis seperti penyakit Alzheimer, semakin merah apel semakin tinggi tingkat antioksidannya.
APEL KUNING
Pektin berwarna kuning dalam apel lain membantu meningkatkan penyerapan kelebihan lemak makanan dalam tubuh.

 

Buah apel memiliki serat yang tinggi dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting lainnya yang berguna meningkatkan keshatan jantung, menjaga tingkat gula darah normal dan memperkuat tulang.

Manfaat buah apel :

* Menyeimbangkan kadar gula darah
Fruktosa dan antioksidan polifenol dalam apel meningkatkan keseimbangan metabolisme dan memperlambat laju penyerapan gula ke dalam aliran darah.

* Mengatasi diare dan konstipasi
Pektin dalam apel memiliki aksi amfoter yang dapat mengatasi sembelit dan diare.

* Memperkuat tulang
Flavonoid phlorizin, ditemukan di kulit apel, dapat membantu mencegah tulang keropos
terutama untuk wanita yang menopause, karena vitamin dalam apel dapat melawan peradangan dan radikal bebas yang menyebabkan keropos tulang.

* Menurunkan kadar kolesterol
Pektin dan antioksidan polifenol, mengurangi kadar kolesterol “tidak sehat” (LDL),
dan memperlambat oksidasi dan mengurangi resiko pengerasan pembuluh darah. Polifenol juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak otot jantung dan pembuluh darah.

2. PISANG

manfaat buah pisang

BUAH PISANG
Kalium dalam pisang menurunkan tekanan darah dan mencegah tulang rapuh.
JANTUNG POHON PISANG
Tidak banyak orang tahu bahwa jantung pohon pisang yang berwarna ungu dapat dimakan dan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini dan melindungi tubuh dari kanker karena tingkat oksidannya yang tinggi.
BUNGA POHON PISANG
Dalam beberapa masakan Asia, bunga dari pohon pisang dapat dimasak menjadi sayur karena tinggi vitamin C dan beta-karoten serta merupakan obat tradisional untuk kram menstruasi.

 

Pisang adalah buah yang sangat mudah dimakan dan sehat. Pisang kaya akan kalium, yang sangat penting menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat, dan merupakan antasida alami, yang dapat menenangkan dan menyembuhkan sakit perut dan bisul. Buah pisang yang telah matang terdiri dari hampir 90 persen gula alami yang tidak membahayakan – ideal untuk atlet dan orang-orang yang sibuk yang membutuhkan energi.

Manfaat buah pisang :

* Menjaga kesehatan tulang
Kandungan potasium dalam pisang menggantikan hilangnya kalsium yang dikeluarkan melalui urin juga mengandung prebiotik senyawa yang memberi makan bakteri baik dalam usus. Usus yang sehat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi seperti kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tulang.

* Mengatasi sakit perut
Pisang memiliki efek antasid yang melindungi perut dari bisul, juga membantu mengaktifkan sel-sel yang membentuk jaringan pencernaan dan menghilangkan bakteri penyebab radang perut. Efek antasid ini juga baik untuk meredakan mulas.

* Menambah energi
Buah pisang sering digunakan dalam program diet karena mengandung glukosa yang dapat dicerna dengan cepat dan fruktosa yaitu kandungan gula yang aman karena tidak mudah larut dalam tubuh, karenanya sangat cocok untuk menambah energi.

* Mencegah penyakit jantung
Pisang mengandung sumber potasium dan serat yang baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dan serat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Kalium juga penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

* Mengobati konstipasi
Kandungan serat tinggi dalam pisang membantu keteraturan kerja usus untuk mencerna makanan dan meredakan sembelit.

3. PEPAYA

manfaat buah pepaya

PEPAYA MATANG
Mengandung vitamin E, C dan beta-karoten serta tinggi akan antioksidan.
BIJI PEPAYA
Kaya dengan asam lemak dan minyak pepaya, memiliki rasa yang tajam dan pedas yang sering digunakan sebagai pengganti lada.
PEPAYA MENTAH
Tingkat Enzim Papain tertinggi berada dalam buah pepaya yang masih mentah, sangat bermanfaat untuk pencernaan.

 

Buah pepaya banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi buah umum yang dikenal untuk melancarkan pencernaan. Selain itu manfaat buah pepaya yang lain adalah memiliki sifat antibakteri, merupakan sumber antioksidan karoten seperti beta-karoten yang melindungi penglihatan dan hampir setiap bagian dari pepaya dapat digunakan.

Manfaat buah pepaya:

* Melancarkan pencernaan
Pepaya berisi enzim papain dan chymonpapain. Keduanya terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit dan dapat membersihkan usus besar. Papain juga membantu menyembuhkan dan mencegah bisul perut.

* Melawan bakteri
Biji dalam buah pepaya efektif melawan salmonella, e-coli dan infeksi perut lainnya. Biji dan daging pepaya berfungsi melindungi hati dan sebagai antiparasit yang membantu membersihkan tubuh dari parasit usus.

* Mengandung serat yang sehat
Serat alaminya membantu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol “tidak sehat” (LDL) dalam darah. Serat pepaya juga dapat mencegah kanker usus.

* Meningkatkan kesehatan mata
Beta-kartoen, vitamin C dan E dalam pepaya membantu mengurangi resiko katarak, glaukoma dan degenerasi / kehilangan penglihatan pada usia tua.

4. MELON

manfaat buah melon

MELON MADU
Paling manis diantara semua jenis melon, namun juga memiliki kadar tertinggi vitamin C, folat dan kalium.
SEMANGKA
Semangka berdaging merah memiliki sumber kaya pigmen tanaman likopen yang membantu menurunkan resiko penyakit jantung.
BLEWAH
Merupakan jenis melon yang paling tinggi kadar nutrisinya, satu buahnya dapat memenuhi kebutuhan setengah dosis harian vitamin C dan A.

 

Banyak yang belum tahu bahwa buah melon adalah turunan jenis labu, termasuk timun. Mereka pertama kali dibudidayakan di Persia dan Afrika utara 4.000 tahun lalu kemudian disebarkan oleh orang Yunan dan Romawi kuno. melon kaya akan beta-karoten, vitamin C dan berbagai macam antioksidan, yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Melon juga mengandung kalium yang menormalkan tekanan darah.

Manfaat buah melon :

* Kesehatan mata
Melon mendapat warna cerahnya dari antioksidan beta-karoten yang penting untuk kesehatan kulit dan tulang serta mencegah degenerasi penglihatan usia tua. Melon juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bagus untuk kesehatan mata.

* Meningkatkan aliran darah :
Citrulline, asam amino dalam kulit dan daging melon dapat merangsang produksi oksida nitrat yang melemaskan dan memperluas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

* Mencegah penyakit jantung
Melon mengandung potasium, diuretik alami yang membantu menormalkan tekanan darah. Melon kaya akan likopen yang membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

* Penyembuhan luka
Citrulline dalam melon berperan dalam produksi asam amino arginin yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

5. JERUK DAN SEJENISNYA

manfaat buah jeruk

JERUK LEMON
Lemon memiliki antibakteri yang terbukti dapat melawan bakteri dan mencegah kolera.
JERUK NIPIS
Vitamin K dalam jeruk nipis sangat penting untuk pembekuan darah.
BUAH JERUK
Jus jeruk dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.
JERUK BALI
Tingkat serat dan vitamin B didalam jeruk bali dapat menyehatkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Buah yang banyak airnya ini tidak hanya meliputi jenis lemon, limau, jeruk dan jeruk bali, tetapi juga jeruk keprok, mandarin, pomelo dan kumquat. Khasiat buah jeruk sudah sangat dikenal karena tingginya kandungan vitamin C dan jika dikonsumsi teratur akan dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, batu ginjal dan semua jenis infeksi. Buah jeruk juga bermanfaat meningkatkan fungsi pencernaan serta memiliki sifat alkali sehingga cocok sebagai bahan detoksifikasi.

Manfaat buah jeruk :

* Mencegah terjadi batu ginjal
Lemon dan jeruk memiliki tingkat konsentrasi sitrat yang tinggi, mengkonsumsi jus lemon dan jus jeruk tanpa pemanis setiap hari telah terbukti mengurangi pembentukan batu ginjal.

* Menjaga kesehatan jantung
Buah jeruk mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi. Manfaat buah jeruk bagi kolesterol juga sangat terbukti dalam memperlambat aterosklerosis (pengerasan pada arteri) dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah dikarenakan kandungan senyawa pektin (serat dan limonoid). Sedangkan senyawa antioksidan dalam jeruk juga dapat menurunkan resiko stroke pada wanita.

* Mengobati gangguan pencernaan
Air jeruk yang dicampur dengan air panas (atau jus lemon hangat) dapat meringankan mulas, mual, gangguan pencernaan karena asam lambung dan sakit perut karena konstipasi.

* Detoksifikasi
Jeruk atau lemon dapat mengurangi pembengkakan, peradangan dan edema (retensi air). Manfaat jeruk sebagai antibakteri juga dapat membersihkan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

6. MANGGA

manfaat buah mangga

DAGING MANGGA
Mengandung prebiotik serat yang berfungsi memberi makan pada bakteria baik di dalam pencernaan.
MANGGA HIJAU
Di Asia tenggara, mangga hijau sering diparut dan dijadikan rujak. Mangga dengan kulit hijau lebih banyak mengandung vitamin C dan pectin yang lebih tinggi daripada mangga biasa, tetapi rasanya sangat asam.

 

Di seluruh Asia, buah mangga sangat terkenal karena mudah ditemukan, enak dan segar dimakan maupun diolah menjadi minuman dan es. Buah mangga mengandung antioksidan beta-karoten dan vitamin C yang tinggi dan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi penglihatan dan membantu pencernaan. Mangga juga membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat buah mangga :

* Melancarkan pencernaan
Mangga mengandung enzim yang membantu penguraian protein dan juga kaya akan serat yang membuat saluran pencernaan bekerja efisien. Serat mangga juga memiliki manfaat jangka panjang yaitu menurunkan resiko kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan mencegah infeksi di saluran pencernaan.

* Anti kanker
Tes laboratorium menunjukan dalam mangga terdapat senyata triterpen, lupeol, yaitu sejenis hormon tanaman yang efektif melawan kanker prostat dan kulit.

* Menyehatkan mata
Mangga kaya akan beta-karoten yang tinggi kandungan antioksidan, berguna mengurangi efek kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas termasuk pada bagian kulit dan mata. Ini juga membantu mencegah terjadinya kehilangan penglihatan.

* Meningkatkan kekebalan tubuh
Mangga sangat direkomendasikan untuk sering dikonsumsi karena memiliki tingkat vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat membantu mencegah penyakit pilek dan flu.

7. NANAS

manfaat buah nanas

DAGING NANAS
Merupakan sumber luar biasa vitamin C dan serat.
BONGGOL NANAS
Mengandung enzim yang dapat mengurangi rasa sakit mulai dari sakit tenggorokan dan mengurangi lendir akibat sinus.

 

Nanas adalah buah dingin dan penghilang dahaga yang sering dicari baik itu dalam bentuk jus maupun dirujak. Banyak yang tidak tahu bahwa nanas dapat meningkatkan kesuburan pria disamping mengandung sejumlah besar vitamin C. Inti dari buah nanas mengandung enzim proteolitik bromelain yaitu anti-inflamasi yang kuat untuk mengobati masalah usus dan sendi. Fungsi anti peradangan dan kualitas astringennya menjadikan nanas pilihan yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan.

Manfaat buah nanas :

* Melancarkan kerja usus
Nanas dapat meredakan gejala peradangan usus seperti: perut kembung, diare, perut berangin dan dehidrasi. Kebanyakan unsur bromelain terdapat di inti dan batang nanas. Agar efektif dikonsumsi dalam jumlah banyak, peneliti menganjurkan nanas dapat dijadikan jus atau digunakan sebagai sayur yang direndam bersama hidangan daging agar membantu melunakkan daging tersebut dan membuatnya lebih mudah dicerna.

* Meningkatkan kesuburan pria
Buah nanas dapat memulihkan vitalitas dan meningkatkan kesuburan pria dengan mengingkatkan kinerja sperma.

* Membantu fleksibilitas gerak badan
Bromelain di dalam nanas dapat mengatasi dan mencegah peradangan otot seperti dalam kasus radang sendi dan dapat memfasilitasi pemulihan setelah cedera olahraga.

8. KELAPA

manfaat buah kelapa

BUAH KELAPA
Mengandung lebih sedikit lemak dibanding biji dan kacang-kacangan (seperti almond), dan mengandung sedikit gula serta lebih banyak protein daripada buah-buahan yang populer (seperti pisang, apel dan jeruk)
AIR KELAPA
Air kelapa murni dan segar memberikan keseimbangan elektrolit bagi tubuh sebagai pengganti garam dan memberikan tambahan energi.
MINYAK KELAPA
Mengandung kadar lemak sehat yang tinggi bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung.
SUSU KELAPA
Atau disebut Santan yang diperoleh dengan mengekstrak inti dari biji kelapa, kaya akan lemak bermanfaat.

 

Buah kelapa di negara Asia dikenal sebagai “pohon kehidupan” karena khasiatnya yang seperti obat, sangat bermanfaat untuk jantung, otak dan perut. Di dalam kelapa terdapat kandungan lemak sehat yang unik, antibakteri, keseimbangan gula, serat makanan, protein, antioksidan, vitamin dan mineral.

Manfaat buah kelapa :

* Antibiotik alami
Asam laurat – lemak asam dalam kelapa – membantu tubuh memerangi bakteri dan virus pilek, flu, herpes, gusi, bisul dan infeksi saluran kemih. Buah kelapa juga mengandung asam kaprilat yang berguna sebagai antijamur melawan kadidiasis (infeksi akibat jamur), sariawan dan kaki atlet.

* Menyeimbangan metabolisme
Minyak di dalam buah kelapa tinggi trigliserida rantai menengah (MCT), sehat lemak yang membantu menurunkan resiko penyakit jantung. MCT dapat membantu menjaga berat badan dengan mengurangi nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan aktivitas sel-sel yang membakar lemak.

* Memberi makan otak
Studi menunjukkan bahwa buah kelapa dan ekstraknya dapat berguna bagi penderita Alzheimer sebagai sumber energi alternatif.

* Meningkatkan kolesterol sehat
MCT didalam kelapa dapat meningkatkan kolesterol “sehat” (HDL) tanpa meningkatkan kadar kolesterol “tidak sehat” (LDL).

9. ALPUKAT

manfaat buah alpukat

DAGING ALPUKAT
Mengandung keseimbangan kalium dan natrium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
MINYAK ALPUKAT
Minyak yang diekstrak dari daging alpukat bermanfaat melindungi fungsi hati dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

 

Alpukat di kalangan buah terkenal dengan kandungan lemak yang tertinggi. Namun bukan lemak yang tidak sehat, tetapi alpukat memiliki minyak tak jenuh tunggal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan melumasi sendi. Karena hal tersebut buah alpukat digelari “minyak zaitun dari Amerika”. Daging dan minyak alpukat mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang mencegah resiko penyakit radang sendi dan meningkatkan kesuburan wanita.

Manfaat buah alpukat :

* Anti-inflamasi
Lemak buah alpukat unik karena termasuk tanaman hormon seperti campesterol, betasitosterol dan stigmasterol yang mencegah peradangan. Alpukat juga mengandung alkohol lemak polihidroksilasi (PFA) yang berguna sebagai agen anti-inflamasi. Buah alpukat juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang membantu melumasi sendi dan mengurangi gejala rematik.

* Menurunkan tekanan darah
Dalam buah alpukat terdapat sumber kalum dan rendah sodium yang dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke, dan mencegah penyakit jantung dikarenakan juga kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal.

* Meningkatkan kesuburan
Lemak sehat dalam alpukat telah terbukti secara dramatis meningkatkan kesuburan.

10. APRIKOT

manfaat buah aprikot

DAGING BUAH APRIKOT
Tingkat vitamin A dalam aprikot yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit.
BIJI APRIKOT
Kernel di dalam biji aprikot merupakan sumber minyak sehat yang kaya akan vitamin B17 (laetrile), dikenal karena sifatnya melawan kanker dan mengatasi racun, karenanya minyak sari kernel sering digunakan untuk memasak dan bumbu salad.

 

Berasal dari Asia timur, aprikot mengandung rendah kalori namun tinggi serat dan banyak vitamin kunci, buah aprikot bisa dimakan segar atau kering, dan daun dan biji semua bisa digunakan. Secara medis, manfaat buah aprikot dapat membantu meningkatkan pencernaan, membuat kulit lebih bersih dan melindungi penglihatan.

Manfaat buah aprikot :

* Melindungi mata dan kesehatan kulit
Beta karotennya yang tinggi berfungsi untuk menutrisi mata yang menua. Studi
juga menunjukkan asupan nutrisi yang tinggi secara teratur seperti vitamin C dan E, seng, dan tembaga – yang ditemukan di buah aprikot – dapat mengurangi risiko degenerasi makula (gangguan penglihatan pada orang tua) sebesar 25 persen. Aprikot juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

* Menyehatkan pencernaan
Kandungan seratnya yang tinggi membantu kinerja usus, yang dapat membantu mencegah
sembelit dan bahkan kanker usus.

* Anti kanker
Antioksidannya bisa melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Kernel juga mengandung vitamin B17 (laetrile), telah diuji oleh studi laboratorium dapat membunuh sel kanker.

11. PERSIK dan NEKTARIN

manfaat buah persik

PERSIK
Buah persik mengandung beta-karoten, likopen dan lutein yang melindungi fungsi hati dan mata.
NEKTARIN
Buah yang memiliki warna merah kekuningan dan daging putih ini memiliki sumber vitamin A, C dan beta-karoten.

 

Buah persik dianggap sebagai buah yang membangkitkan semangat. Seperti yang lain buah-buahan yang berbiji besar, buah persik dan nektarin (kerabat dekat) mengandung keseimbangan senyawa fenolik – anthocyanin, asam klorogenat, turunan kuersetin, dan katekin – yang bekerja secara sinergis untuk mengurangi faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Manfaat buah persik :

* Mengurangi berat badan
Fenolik di dalam buah persik diketahui memiliki antiobesitas, sifat anti-inflamasi, dan antidiabetes.

* Menyehatkan kulit dan menjaga awet muda
Buah persik mengandung vitamin C, komponen penting dalam produksi kolagen tubuh. Persik juga memiliki sumber antioksidan lutein yang baik membantu memerangi kerusakan sel dan melindungi dari radikal bebas kulit dan mata.

* Pencahar ringan
Buah persik kaya akan potasium, fosfor, dan magnesium, serta dapat membantu mengatasi kelebihan air dalam tubuh. Mereka juga berfungsi sebagai pencahar ringan.

* Anti kanker
Tes laboratorium menunjukkan bahwa sel kanker payudara – bahkan yang jenis paling agresif sekalipun akan mati setelah terpapar ekstrak persik.

12. PLUM

manfaat buah plum

BUAH PLUM
Varietas yang berkulit gelap dengan daging merah mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding jenis plum yang lain.
PRUNES
Buah plum yang dikeringkan atau disebut Prunes sering dijadikan manisan dan dapat membantu meringkankan sakit perut sembelit.

 

Plum memiliki sifat antioksidan dan detoksifikasi yang baik karena memiliki stimulan metabolik dan mengandung kromium, kalium, selenium serta vitamin C dan beta-karoten. Plum yang telah dikeringkan, atau kismis, adalah pengobatan tradisional untuk sembelit.

Manfaat buah plum :

* Melindungi penglihatan
Antioksidan dalam plum bisa membantu mencegah degenerasi makula terkait usia lanjut (penyebab utama hilangnya penglihatan).

* Mengatasi konstipasi
Buah plum kaya akan serat terutama pektin, fruktosa dan belerang yang membantu makanan bergerak secara efektif melalui usus besar. Bersama dengan zat-zat seperti sorbitol dan isatin, serat-serat ini sangat efektif berfungsi sebagai pencahar yang manjur.

* Stimulan metabolik
Plum mengandung kalsium, kalium, magnesium dan antioksidan beta-karoten yang berfungsi mengatur detak jantung, tekanan darah, kadar gula darah, dan keseimbangan air. Plum juga berguna untuk merangsang nafsu makan dan membantu kelancaran pencernaan jika dikonsumsi sebelum makan.

* Detoks
Plum banyak digunakan sebagai bahan detoksifikasi dan berfungsi meningkatkan fungsi hati, meningkatkan kesehatan internis dan sifat detoksifikasinya dapat membantu mempromosikan kulit yang sehat.

13. KURMA

manfaat buah kurma

KURMA SEGAR
Saat baru matang, kurma rasanya manis dan memiliki tekstur penuh seperti buah plum.
KURMA SETENGAH KERING
Kurma yang setengah dikeringkan tidak semanis kurma yang benar-benar kering, tapi tetap dapat mempertahankan semua serat dan nutrisinya.
KURMA KERING
Jenis yang sering dijual adalah buah kurma yang benar-benar dikeringkan karena selain rasanya yang legit dan manis, semua manfaatnya telah didapat dalam bentuk yang terkonsentrasi.

 

Pohon kurma, salah satu pohon tertua yang dibudidayakan oleh manusia di padang pasir berasal dari Teluk Persia. Manfaat kurma bagi kesehatan antara lain meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, memasok jenis gula yang aman untuk penderita diabetes. Kurma merupakan sumber serat yang bagus, mengandung protein, mineral termasuk magnesium, mangan, selenium, dan seng.

Manfaat kurma :

* Memperlancar pencernaan
Serat di dalam kurma sangat tinggi dan tidak mudah larut, sehingga membantu pencernaan dan memperlancar kerja usus. Kurma juga mengandung tanin yaitu zat berkualitas yang dapat mengobati gangguan lambung dan gangguan usus.

* Menyeimbangkan kadar gula darah
Banyak stigma yang salah mengenai kurma yang manis dan mengandung gula karena tidak semua gula itu buruk. Gula yang berasal dari kurma setelah dicerna oleh tubuh akan dilepaskan perlahan sehingga tingkat gula darah masih terkontrol dan serat di dalam kurma juga membantu regulasi glukosa darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

* Melindungi kerja hati dan ginjal
Kurma memiliki potasium yaitu mineral penting yang membantu kinerja kontraksi otot yang tepat termasuk fungsi hati. Kalium di dalam kurma juga membantu sistem saraf yang sehat dan melindungi metabolisme tubuh. Serat larut dalam kurma membantu menurunkan kadar “tidak sehat” kolesterol di dalam darah, sehingga kurma baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

* Mengobati pilek dan flu
Dalam pengobatan tradisional, ekstrak kurma sering dijadikan sirup untuk sakit tenggorokan, masuk angin dan radang selaput lendir hidung.

14. KIWI

manfaat buah kiwi

KIWI HIJAU
Mengandung lebih banyak serat dari pada buah kiwi emas.
KIWI EMAS
Mengandung sejumlah besar vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.

 

Terdapat dua jenis kiwi yaitu kiwi hijau dan emas, namun keduanya baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Kandungan vitamin C nya yang tinggi sangat berguna untuk keseahatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan segala peradangan.

Manfaat buah kiwi :

* Mencerahkan kulit dan awet muda
Buah kiwi mengandung vitamin C tinggi yang berguna untuk pembentukan kolagen dan mempercepat perbaikan sel dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

* Menyehatkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam buah kiwi menjadikan kiwi sebagai pencahar yang ringan. Mengkonsumsi dua buah kiwi sehari berarti memberi asupan sebanyak 20 persen dari jumlah harian serat yang direkomendasikan dan dapat membantu pencernaan dan pemeliharaan kesehatan usus besar.

* Mencegah penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar flavonoid dan Vitamin C dan E dalam kiwi dapat mengurangi trigliserida (sejenis lemak) di dalam darah dan penumpukan plak di arteri (aterosklerosis). Biji hitam kecil dalam kiwi mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3,
yang bertindak sebagai pengencer darah alami.

* Meningkatkan imunitas
Vitamin C yang tinggi pada kiwi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan flu serta memerangi peradangan.

15. ANGGUR

manfaat buah anggur

ANGGUR MERAH
Senyawa antioksidan, antosianin paling banyak ditemukan dalam buah anggur merah dan hitam, yang berfungsi melindungi hati dan mencegah kanker.
DAUN ANGGUR
Daun buah anggur kaya akan polifenol antioksidan, beta-karoten dan vitamin K. Sering digunakan dalam obat tradisional untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan.
KISMIS
Anggur yang telah dikeringkan adalah prebiotik yang efektif, yang dapat memberi makan bakteri baik di usus.

 

Selama ribuan tahun setiap bagian dari tanaman anggur termasuk getah dalam akar yang merambat, telah digunakan sebagai obat. Anggur yang merupakan diuretik alami, mengandung berbagai antioksidan, terutama oligomer proanthocyanidin complexes (OPCs), yang berkontribusi terhadap peremajaan kulit dan sel hingga memberi perlindungan dari penyakit jantung dan kerusakan akibat radikal bebas. OPC terutama terdapat pada biji anggur.

Manfaat buah anggur :
* Anti kanker
Tingginya kadar flavonoid, anthocyanin, stilbenes, dan antioksidan terutama terdapat pada anggur yang berkulit gelap, telah terbukti melalui penelitian dapat mengurangi resiko kanker payudara dan prostat yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan dalam serat anggur juga membantu menurunkan resiko kanker usus besar, mencegah penyakit kanker dan anti penuaan.

* Melindungi pembuluh darah
Anggur yang kaya antioksidan terbukti mencegah dan membalikkan efek pengerasan arteri dan melindungi jantung, termasuk dalam anggur merah dan jus anggur.

* Detoksifikasi
Anggur mengandung kadar kalium yang tinggi dan tingkat sodiumnya rendah sehingga dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan air dan racun.

* Menjaga kadar gula darah
Buah anggur mengandung karbohidrat yang aman yang dapat menjaga tingkat gula darah. Antioksidan dan campuran serat dalam anggur juga dapat membantu mengurangi ancaman diabetes dan penyakit jantung.

16. BUAH CHERRY

manfaat buah cherry

CHERRY MERAH TUA
Rasanya manis dan mengandung sejumlah besar perillyl alkohol (POH), senyawa yang dapat membantu memperlambat penuaan dan mencegah kanker.
CHERRY HIASAN MARASCHINO
Studi menunjukan buah ceri hiasan yang asam dan berwarna merah terang ini memiliki fungsi 10 kali lebih aktif daripada aspirin dalam menghilangkan rasa sakit.

 

Cherry merupakan buah yang super karena selain rasanya yang enak juga kandungan vitaminnya yang tinggi, kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan asam urat. Buah cherry juga salah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung melatonin yang dapat membantu mengobati insomnia dan jetlag serta dapat menjadi obat tidur yang baik.

Manfaat buah cherry :
* Membantu tidur nyenyak
Cherry jenis asam adalah satu dari beberapa buah yang mengandung jumlah siginifikan melatonin, hormonyang diproduksi secara alami oleh tubuh sebagai bagian dari siklus tidur-bangun. Studi menunjukkan bahwa segelas jus cherry asam sebelum tidur dapat membantu tidur nyenyak.

* Mencegah diabetes
Antioksidan yang melimpah pada buah cherry dapat meningkatkan produksi insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah.

* Anti-inflamasi
Minum jus asam cherry telah terbukti mengurangi rasa sakit dan peradangan pasca latihan pada atlet dan pelari jarak jauh dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi.

* Mencegah Arthritis
Gout adalah suatu kondisi peradangan yang berhubungan dengan sendi disebabkan oleh kelebihan akumulasi asam urat dalam darah. Kedua jenis cherry asam dan manis telah terbukti dapat menurunkan kadar urat dalam darah dan mengurangi resiko terkena gout.

17. STRAWBERRY

manfaat buah strawberry

DAUN STRAWBERRY
Daun Strawberry segar ataupun kering dapat digunakan untuk membuat teh yang bermanfaat menenangkan sakit perut.
BUAH STRAWBERRY
Nutrisi dalam Srawberry membantu mencegah perusakan dinding arteri dari kolesterol.

Stroberi segar mengandung antioksidan tinggi. Selain sumber vitamin C yang kaya, buah stroberi mengandung mangan, folat, potasium, vitamin B dan flavonoid serta sejumlah kecil asam lemak omega 3 di bagian luarnya. Stroberi juga baik untuk jantung dan bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Manfaat buah stroberi :
* Menyehatkan jantung
Selain banyak mengandung vitamin C, stroberi juga kaya akan quercetin dan kaempferol yang mana keduanya dapat mencegah terjadinya kolesterol “tidak sehat” (LDL) dalam dari akibat dari pengoksidasian yang merusak dinding arteri (aterosklerosis).

* Melindungi pencernaan
Teh yang terbuat dari daun stroberi dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk menenangkan gangguan asam pencernaan dan serat dalam buah stroberi dapat membantu kerja usus yang lamban.

* Anti kanker
Stroberi mengandung antioksidan senyawa ellagic acid yang digunakan untuk mengikat dan menetralisir bahan kimia penyebab kanker dalam tubuh.

18. BLUEBERRY

BUAH BERI
Studi menunjukkan bahwa blueberry memiliki level tertinggi antioksidan, serupa dengan anggur.
DAUN BERI
Teh yang terbuat dari daun blueberry bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran kemih dan mengatur kadar gula darah.

Asli dari Amerika Utara, blueberry telah lama dikenal karena nutrisi dan kandungan obatnya. Blueberry mengandung senyawa antibakteri yang melawan bakteri perut dan kandungan antioksidannya mencegah kerusakan mata, meningkatkan penglihatan dan memori. Buah blueberry juga meningkatkan kesehatan prostat.

Manfaat buah blueberry :

* Menyehatkan prostat
Blueberry kaya akan senyawa proanthocyanidin pekat yang dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran berbagai kanker. Studi laboratorium terbaru menunjukkan bahwa ekstrak blueberry juga signifikan memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

* Meningkatkan memori
Buah blueberry bermanfaat pada sistem saraf dan melalui peningkatan kadar dopamin sehingga memperbaiki ingatan dan mencegah penurunan kerja otak.

* Menyehatkan pencernaan
Blueberry mengandung anthocyanin, antioksidan dan antibakteri yang efektif melawan penyebab gastroenteritis seperti e coli, juga berguna memerangi bakteri yang menyebabkan diare.

* Menyehatkan mata
Antosianin dalam blueberry dapat meningkatkan kesehatan mata dengan mencegah degenerasi retina. Blueberry juga dapat membantu kondisi mata dari glaukoma karena dapat meningkatkan kolagen.

* Melindungi saluran kencing
Studi terbaru mengkonfimasi kegunaan buah blueberry dalam mengatasi infeksi saluran kemih (ISK).

19. GOJI BERRY

manfaat goji berry

WOLFBERRY
Buah Wolfberry segar tidak dapat disimpan dan dibawa bepergian jauh, itulah sebabnya buah wolfberry lebih sering dikeringkan sebagai buah goji.
GOJI BERRY KERING
Goji berry sangat bermanfaat untuk penglihatan karena tingkat vitamin A yang tinggi dan juga sebagai antipenuaan karena tingginya kandungan antioksidan.

Goji berry termasuk kelompok cabai dan tomat. Goji berry kaya dengan kombinasi nutrisi antioksidan yang berguna bagi kardiovaskular, kesehatan otot dan penglihatan, serta mengandung berbagai karotenoid termasuk beta-karoten yang dikenal untuk meningkatkan proses metabolisme, meningkatkan kualitas tidur dan memori. Karena banyak manfaatnya ini, goji berry sering dijadikan bahan obat tradisional.

Manfaat goji berry :

* Kesehatan otot
Goji berry mengandung betaine, nutrisi yang membangun otot dan beta-sitosterol yang membantu mencegah peradangan otot.

* Mendukung metabolisme
Pyridoxine (vitamin B6) dalam goji berry sangat berguna dalam proses metabolisme, membantu produksi energi dan meningkatkan kapasitas pembawa oksigen dalam sel darah merah. Satu porsi buah beri mengandung hampir setengah dari kebutuhan harian pyridoxine (vitamin B6).

* Mendukung neurologis / saraf
Betaine di dalam goji berry sangat diperlukan oleh hati untuk memproduksi kolin yang membantu menenangkan saraf, mempromosikan tidur nyenyak dan meningkatkan memori.

* Meningkatkan penglihatan
Goji berry berlimpah lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang terbukti melindungi dan menjaga kesehatan mata.

* Meningkatkan produksi antioksidan
Dalam goji bery mengandung sekitar 10 kali kapasitas antioksidan dari blueberry yang berkontribusi pada sistem kardiovaskular dan meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidannya juga dapat melindungi penyakit degenaratif dan inflamasi, seperti pada diabetes dan radang sendi. Dengan tingkat antioksidan yang tinggi juga berguna bagi kesehatan kulit dan mata.

20. DELIMA

manfaat buah delima

BIJI BUAH DELIMA
Minyak dari biji delima mengandung isoflavon yang mirip ditemukan dalam kedelai, bermanfaat dalam mencegah kanker payudara, menghindari tulang keropos (osteoporosis), menurunkan kolesterol dan mengatasi gejala menopause karena berkurangnya hormon estrogen.
KULIT DELIMA
Kulit buah delima banyak digunakan dalam obat tradisional sebagai teh dan obat kumur. Penelitian terkini menunjukkan bahwa kulit delima mengandung antibiotik dan sifat melawan kanker.

Buah delima telah banyak digunakan sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun. Jus delima mengandung zat yang mendukung kesehatan prostat dan kandungan antioksidan mempertahankan elastisitas arteri (pembuluh darah). Semua bagian tanaman delima digunakan sebagai obat dalam tradisi Ayurvedic. Di dunia barat, biji dan jusnya paling diminati karena sifat anti-virus dan anti-bakterinya.

Manfaat buah delima :
* Melindungi Pria dari Kanker Prostat
Minum segelas jus delima setiap hari menurut penelitian akan menurunkan tingkat Prostate-Specific Antigen (PSA) pada pria. Semakin tinggi level PSA seorang pria, maka semakin besar resiko terkena kanker prostat.

* Melindungi jantung
Polifenol dalam buah delima menjaga arteri / pembuluh darah tetap elastis dan sangat membantu menurunkan tekanan darah, resiko penyakit jantung dan stroke. Delima juga menghentikan efek radikal bebas dari pengoksidasi kolesterol “tidak sehat” (LDL) dalam darah yang menyebabkan plak menumpuk pada dinding arteri (aterosklerosis).

* Melindungi kesehatan sendi
Buah delima mengandung antioksidan flavonol yang terbukti mengurangi aktivitas peradangan seperti radang sendi. Studi kedokteran menunjukkan bahwa ekstrak delima (setara dengan satu gelas jus) dapat menghalangi produksi enzim yang menghancurkan tulang rawan dalam tubuh.

* Melawan infeksi
Jus delima memiliki antivirus dan penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak buah delima efektif melawan plak gigi.

Tags:
No Comments

Post a Comment
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Ikuti Social Media Kami Juga

Facebook
Facebook